Show simple item record

dc.contributor.authorSalatoen, Cikal Bakal Tejo
dc.contributor.authorMas, Danang Amangkurat
dc.contributor.authorDella, Tiara Lusiana
dc.contributor.authorSari, Amarria Dila
dc.date.accessioned2018-05-24T05:35:16Z
dc.date.available2018-05-24T05:35:16Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationBazar, A.R., 1978, Grip strength of cerebral palsied, Human Factors 20:741-744. Berger, C.; Blauth, R.; Bolster, C.; Burchill, G.; DuMouchel, W.; Pouliot, F.; Richter, R.: Rubinoff, A.: Shen, D.; Timko, M.; and Walden, D. 1993, “Kano’s methods for understanding customer-defined quality”, The Center for Quality Management Journal, Vol. 2 (4), pp. 3 – 36. Ergenoglu A, 2013, Accessibility awareness among architecture students: design thinking evaluations in Yildiz Technical University. Proced - Soc Behav Sci 89:312 - 317. Harry Kurniawan., 2014, Implementasi Aksesibilitas Pada Gedung Baru Perpustakaan UGM, Indonesian Journal of Disability Studies, Vol. 1, Pp. 44-51. Hill, N., & Alexander, J., 2006, Handbook of Customer Satisfaction and Loyalty Measurement, Cornwall: TJ International Ltd. Howard, S., Hammond, J., & Lingaard, G., 1997, Human-Computer Interaction INTERACT '97. Sidney: Springer-Science+Business Media, B.V. ISO 9241-11: 1998, Ergonomic reqirements for office work with visual displayterminals (VDTs) – Part 11: Guidance on usability. Isrowiyanti., 2014, Pengembangan Layanan Perpustakaan Bagi Pemustaka Disabilitas di Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga, Pustaloka, Vol.6, No.1, Pp.70-90. Kano, N., Seraku, N., Takahashi, F. and Tsuji, S. 1984. “Attractive quality and must be quality”, Quality, Vol. 14 No. 2, Pp. 39-48. Meadows, A. J., Gordon, M., & Singleton, A., 1982, Dictionary of new information technology, California: Kogan Page. Mutia, Fitri., 2015, Kondisi Layanan Perpustakaan Khusus bagi Penyandang Cacat di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya, RECORD AND LIBRARY JOURNAL, Vol.1, No.1, Pp.1-14. Nee, A. Y., Song, b., & Ong, S.-K., 2013, Re-engineering Manufacturing for Sustainability, Singapore: Springer Science+Business Media Singapore. Nielsen, J., 1994, Heuristic evaluation. New York, NY: John Wiley & Sons. Purnomo, Hari., 2013, Antropometri dan Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu. Sauerwein, E.; Bailom, F.; Matzler, K.; dan Hinterhuber, H.H. 1996, “The KANO Model : How to Delight Your Consumer”. The IX International Working Seminar on Production Economic. Department of Management, University of Innsbruck: Austria. February 19-23 1996, pp. 313 -327. Shahin A., 2004, Integration of FMEA and the Kano model; an exploratory examination. International journal of quality and reliability management, Vol. 21 No. 7, Pp. 731-746. Schalles, C., 2012, Usability Evaluation of Modeling Languages an Empirical Research Study. Leiderbach: Springer Gabler. Tayyari, F. and Emanuel, J.T., 1993, Carpal tunnel syndrome: an ergonomics approach to its prevention, International Journal of Industrial Ergonomics, 11: 173-179. Truxler, R., Roth, E., Scott, R., Smith, S., Wampler, J., 2012. Designing collaborative automated planners for agile adaptation to dynamic change. Proc. Hum. Factors Ergon. Soc. Annu. Meet. 56, 223e227. Wahyudi, Hari., 2017, Optimalisasi Daya Kerja Otak Melalui Pemanfaatan Stimulan Eksternal. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.5, No.4, Pp.384-391. Walden, D., 1993, “A special issue on Kano’s methods for understanding customer defined quality”, The Center for Quality of Management Journal, vol. 2. no.4, pp.3-35. Yudiono, Herman., 2016, Psikologi Warna dalam Sampul Buku Nonfiksi, http://www.tipsmenulisbuku.com/psikologi-warna-dalam-sampul-buku-nonfiksi/, diakses tgl 13 Januari 2018.id_ID
dc.identifier.issn2621-0789
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9757
dc.description.abstractBerdasarkan hasil data yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial jumlah disabilitas di DIY pada tahun 2011 adalah 29.110, yang terdiri dari 15.667 pria dan 13.443 wanita, sedangkan untuk tahun 2010 jumlah disabilitas adalah 36.607, yang terdiri dari 19.867 pria dan 16.990 wanita. Salah satu hak disabilitas yaitu terpenuhinya kebutuhan berbagai pengetahuan maupun informasi. Akan tetapi masih sedikit perpustakaan yang telah menyediakan pelayanan bagi disabilitas. Berdasarkan studi literatur dan studi lapangan yang telah dilakukan, rendahnya pengunjung perpustakaan serta minat baca bagi disabilitas dikarenakan kondisi sarana dan prasarana yang belum mendukung. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memiliki gagasan untuk membuat lemari buku yaitu DELISIUS yang bertujuan membantu disabilitas khususnya pengguna kursi roda dalam mengakses buku di perpustakaan, dimulai dari proses pencarian buku, pengambilan buku, pengembalian buku, hingga display pada lemari yang dapat memudahkan seluruh pengguna perpustakaan. Metode penelitian dimulai dari survei lapangan kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan alat. Adapun metode perancangan alat meliputi wawancara, model Kano, ergonomi dengan pendekatan antropometri, hand tool design, dan usabilitas. Hasil yang diperoleh dari model Kano ialah atribut-atribut pada produk berdasarkan perfomansinya menunjukkan kategori attractive (excitement needs). Hal ini berarti rencangan lemari DELISIUS telah sesuai dengan apa yang diharapkan dan dibutuhkan oleh disabilitas khususnya pengguna kursi roda.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherIENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018id_ID
dc.subjectDisabilitasid_ID
dc.subjectErgonomiid_ID
dc.subjectLemari Bukuid_ID
dc.subjectModel Kanoid_ID
dc.subjectUser Friendlyid_ID
dc.titleDelisius (Desain Lemari Buku Siklus) Inovasi Lemari Buku Perpustakaan User Friendly bagi Penyandang Tunadaksaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record