• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Faktor Sistem Supra pada Human Factors Analysis and Classification System (HFACS)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (469.7Kb)
    Date
    2018-03
    Author
    Sutalaksana, Iftikar Z.
    Yamin, Putra A.R.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Alat investigasi kecelakaan yang saat ini sering digunakan adalah Human Factors Analysis and Classification System (HFACS). Di negara berkembang seperti Indonesia, terdapat kebutuhan untuk mempertimbangkan faktor-faktor sistem supra dan menyertakannya ke dalam taksomoni HFACS. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor sistem supra HFACS di Indonesia. Dilakukan kajian terhadap kecelakaan-kecelakaan penerbangan yang pernah terjadi di Indonesia melalui laporan kecelakaan yang diterbitkan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Kemudian dilakukan wawancara terhadap para stakeholder guna mengidentifikasi faktor-faktor sistem supra HFACS di Indonesia. Berdasarkan hasil kajian laporan KNKT dan hasil wawancara, dilakukan analisis dan pembahasan sistem supra di Indonesia baik yang terjadi pada HFACS, bisa namun belum terjadi pada HFACS, dan di luar taksonomi HFACS. Disimpulkan faktor-faktor sistem supra apa saja yang mempengaruhi penerbangan Indonesia antara lain: faktor pengawasan regulator terhadap implementasi regulasi penerbangan dapat dipecah menjadi subfaktor kurang jumlah pengawas, subfaktor politisasi dan KKN, subfaktor kesalahan regulator, dan subfaktor pelanggaran regulator. Kedua faktor lainnya adalah faktor pengawasan regulator kepada maskapai (perusahaan penerbangan) dan faktor pengawasan regulator kepada masyarakat atau pihak luar lainnya yang dapat mempengaruhi penerbangan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi pengembangan lebih lanjut dari HFACS sebagai salah satu metode investigasi komprehensif yang secara umum turut memperhitungkan faktor-faktor sistem supra Indonesia.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9763
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV