Show simple item record

dc.contributor.authorSuryono, Sigit
dc.contributor.authorUtami, Ema
dc.contributor.authorLuthfi, Emha Taufiq
dc.date.accessioned2018-05-25T01:57:53Z
dc.date.available2018-05-25T01:57:53Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citation[1] R. Azuma, “A survey of augmented reality,” Presence Teleoperators Virtual Environ., vol. 6, no. 4, pp. 355–385, 1997. [2] F. I. Tanesab, I. Sembiring, and H. D. Purnomo, "Sentiment Analysis Model Based on Youtube Comment Using Support Vector Machine," International Journal of Computer Science and Software Engineering, 2017. [3] B. Liu, Sentiment Analysis and Opinion Mining, Toronto: Morgan & Claypool Publishers, 2012. [4] F. A. Pozzi, E. Fersini, E. Messina and B. Liu, Sentiment Analysis in Social Networks, Cambridge: Todd Green, 2017. [5] NLTK Project, "www.nltk.org," 02 November 2017. [Online]. Available: http://www.nltk.org/. [6] C. Manning and H. Schuetze, Foundations of Statistical Natural Language Processing, London: MIT Press, 1999. [7] F. Romano, D. Phillips and R. v. Hattlen, Python: Journey from Novice to Expert, Birmingham: Packt Publishing Ltd., 2016. [8] Rapid Miner, Operator Refence Manual, Boston: Rapid Miner Inc., 2014.id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9777
dc.description.abstractAnalisis Sentiment merupakan salah satu cabang dari bidang ilmu Text Mining. Analisis sentiment merupakan sumber penting dalam melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan terhadap sebuah topik permasalahan. Tujuan utama dari analisis sentiment adalah untuk mengetahui polaritas dari sentiment positif, negatif ataupun netral. Sentiment-sentiment tersebut salah satunya didapatkan dari Twitter. Dalam tulisan ini, tweet-tweet yang berhubungan dengan kata kunci yang dicari dikumpulkan dari Twitter dengan menggunakan API Twitter dan data mentah yang didapatkan diolah dengan menggunakan Natural Language Toolkit pada bahasa pemrograman Python. Setelah diolah selanjutnya akan dilakukan klasifikasi dengan menggunakan Naïve Bayes Classifier untuk mengetahui tingkat akurasi dari proses klasifikasi yang dilakukan. Proses klasifikasi dilakukan dengan RapidMiner. Dari hasil uji coba sebanyak empat kali, didapatkan hasil tingkat akurasi pada percobaan pertama sebesar 62.98%, percobaan kedua sebesar 64.95%, percobaan ketiga sebesar 66.36%, dan percobaan keempat sebesar 66.79%. Dari hasil klasifikasi didapat tingkat persentase sentiment positif sebesar 28%, sentiment negatif sebesar 20% dan sentiment netral sebesar 52%.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2018id_ID
dc.titleAnalisis Sentiment Pada Twitter Dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifierid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record