dc.contributor.author | Suranto, S | |
dc.contributor.author | Setiawan, Eko | |
dc.contributor.author | Sujalwo, S | |
dc.date.accessioned | 2018-05-28T01:13:42Z | |
dc.date.available | 2018-05-28T01:13:42Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Bergek, Anna and Norrman, Charlotte. 2008 .Incubator best practice: A framework. Vol. 28. Technovation. pp: 20-28 Bøllingtoft, Anne and Ulhøi, John P. 2005. The networked business incubatorleveraging entrepreneurial agency. Vol. 20. Journal of Business Venturing.pp : 265–290. Borg, W.R. and Gall, M.D. 1983. Educational research: An introduction. London. Longman, Inc. USA Bowie. Jared D.Harris, Harry J. Sapienza, Norman E. 2009. Ethics and Entrepreneurship. Journal of Business Venturing.Vol 24.p-413. Hubeis.Musa. 2009. Prospek Usaha Kecil Dalam Wadah Inkubator. Jakarta. PT. Ghalia Indah. Musrofi. Muhammad. 2010. Potensipreneur. CV TCI. Surakarta. Suranto.2012. Pengembagan Model Inkubator Kewirausahaan Peningkatan Mental Kemandirian Mahasiswa. Disertasi. Univesitas negeri Yogyakarta. Suranto.2012.Active Learning Peningkatan Kemampuan Daya Serap Pengetahuan Wirausaha Mahasiswa.ISSN :1979-911x , 2012. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi IST. AKPRIND Yogyakarta Wijaya. Toni., 2009. Analisis structural equation modeling, menggunakan AMOS. Yogyakarta. Atma Jaya Press. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2621-0789 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9833 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan model inkubator kewirausahaan mahasiswa berbasis bakat, yang dikembangkan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan pusat studi Inkubator Wirausaha dan Bisnis UMS, sehingga dihasilkan manfaat penelitian berupa model yang efektif meningkatkan wirausaha mahasiswa berbasis bakat yang dapat diterapkan pada pendidikan formal dan pendidikan non formal. Model pendampingan wirausaha baru bagi mahasiswa melalui inkubator yang dikembangkan, melalui tahapan pendeteksian potensi, pengembangan bakat, pemberdayaan, doing, empowering, facilitating, evaluating dengan pendekatan partisipatif interaktif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research and development) memiliki tahapan pengembangan model yang telah efektif dan dikembangkan pada sampel yang lebih besar atau pada populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di UMS. Tahapam dalam penelitian pengembangan model berbasis bakat ini: (1) menerapkan model yang sudah final, (2) menerapkan seperangkat model yang sudah valid (fit and goodness), (3) menguji efektifitas kerja model dari kelompok eksperimen sejumlah 60 mahasiswa yang mengikuti pendampingan wirausaha sesuai bakat. Berdasar penelitian dihasilkan bahwa model inkubator wirausaha berbasis bakat mampu meningkatkan kemandirian mahasiswa. Terdapat 70% mahasiswa menekuni bakatnya dibidang produksi kuliner, 20% menekuni bidang pemasaran (reseller), 10% mahasiswa menekuni bidang lain (writing preneur, otomotif, seni). | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018 | id_ID |
dc.subject | Mahasiswa | id_ID |
dc.subject | Model | id_ID |
dc.subject | Potensi | id_ID |
dc.subject | Semangat | id_ID |
dc.subject | Wirausaha | id_ID |
dc.title | Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Berbasis Potensi | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |