Show simple item record

dc.contributor.authorRosyidah, Umi
dc.contributor.authorHaryanto, Hanny
dc.contributor.authorKardianawati, Acun
dc.date.accessioned2018-05-30T01:34:28Z
dc.date.available2018-05-30T01:34:28Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citation[1] B. Schmitz, M. Str, R. Klemke, and M. Specht, “Game Based Learning for Computer Science Education,” pp. 81–86, 2011. [2] M. Simkova, “Using of Computer Games in Supporting Education,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 141, pp. 1224–1227, 2014. [3] M. Vinogradova and N. Ivanova, “Pedagogical Conditions for Role-Playing Game Development in Senior Preschool Age Children,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 233, no. May, pp. 297–301, 2016. [4] C. V. Zalka, “Adventures in the Classroom Creating Role-Playing Games Based on Traditional Stories for the High School Curriculum,” East Tennessee State University, 2012. [5] L. Caroux, K. Isbister, L. Le Bigot, and N. Vibert, “Player-video game interaction: A systematic review of current concepts,” Comput. Human Behav., 2015. [6] V. Nagalingam and R. Ibrahim, “User Experience of Educational Games: A Review of the Elements,” Procedia Comput. Sci., vol. 72, pp. 423–433, 2015. [7] E. T. Solovey, E. M. Peck, S. W. Hincks, R. J. K. Jacob, E. T. Solovey, and D. Afergan, “Designing Implicit Interfaces for Physiological Computing: Guidelines and Lessons Learned Using fNIRS,” Tochi, vol. 21, no. 6, p. 35:1-35:26, 2015. [8] F. Liarokapis, K. Debattista, A. Vourvopoulos, P. Petridis, and A. Ene, “Comparing interaction techniques for serious games through brain-computer interfaces: A user perception evaluation study,” Entertain. Comput., 2014. [9] K. Ryokai, F. Farzin, E. Kaltman, and G. Niemeyer, “Assessing multiple object tracking in young children using a game,” Educ. Technol. Res. Dev., vol. 61, no. 2, 2013. [10] A. Dix, Human Computer Interaction. UK: Prentice- Hall International, 2003. [11] D. Sonntag, “Kognit : Intelligent Cognitive Enhancement Technology by Cognitive Models and Mixed Reality for Dementia Patients,” in AAAI 2015 Fall Symposium, 2015, vol. FS-15-02, pp. 47–53. [12] E. Y. Leng, W. A. Wan Zah, R. Mahmud, and B. Roselan, “Appreciative Learning Approach as a Pedagogical Strategy and Computer Game Development as a Technological Tool in Enhancing Students’ Creativity,” J. Res. Cent. Educ. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 60–85, 2011.id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9854
dc.description.abstractGame Edukasi dapat memberikan pengalaman praktis yang berbeda dalam proses pembelajaran. Sebuah game edukasi akan menjadi lebih menarik jika ada karakter lawan (non player) yang bereaksi dengan baik terhadap aksi pemain (player). Hal ini akan membuat pengguna penasaran dan game menjadi menarik untuk dimainkan. Untuk membuat Game menjadi menarik untuk dimainkan diperlukan interface (antarmuka) yang baik. Antarmuka manusia dan komputer yang baik mampu memberikan pengalaman interaksi yang dapat dimengerti dengan mudah oleh penggunanya (user friendly). Antarmuka merupakan satu bagian yang disediakan pada game, yang bersentuhan langsung dengan pengguna sebagai media untuk berkomunikasi. Perancangan antarmuka dapat menggunakan beberapa model pengguna. Dalam penelitian ini, model yang diterapkan adalah model kognitif dengan representasi hirarki tugas dan tujuan dari pengguna. Model kognitif ini menerapkan model GOMS dan CCT, dimana model ini mewakili tugas dan tujuan pengguna. Model ini menggunakan pemrosesan mental untuk mencapai tujuan, yaitu dengan cara memecah ke dalam sub-tujuan yang bervariasi. Dengan antarmuka ini aplikasi game edukasi menjadi lebih interaktif dan mudah untuk digunakan sehingga meningkatkan pemahaman materi dari pengguna.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2018id_ID
dc.subjectgameid_ID
dc.subjectedukasiid_ID
dc.subjectantarmukaid_ID
dc.subjectGOMSid_ID
dc.subjectCCTid_ID
dc.titleAntarmuka Manusia dan Komputer pada Game Edukasi Berbasis Model Kognitif Hirarki Tugas dan Tujuanid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record