Analisis Penerapan Sistem Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)
Abstract
Ujian nasional merupakan salah satu bentuk dari kegiatan evaluasi pendidikan yang berupa evaluasi hasil belajar siswa. Melalui pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui penerapan sistem UNBK pada tingkat sekolah menengah pertama. Model yang digunakan yaitu model TAM yang terdapat variabel perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, behavioral intention to use,actual use, model persamaan yang digunakan structural equation model (SEM). Software yang digunakan SPSS Statistics v.21 dan SPSS AMOS v.20. Untuk mendapatkan hasil penelitian dilakukan uji validasi dan uji realibilitas terhadap setiap konstruk, kemudian dilakukan analisis terhadap profil responden, analisis jawaban setiap konstruk, analisis Confirmatory Factory Analysis (CFA), dan pengujian hipotesa. Berdasarkan hasil analisis seluruh jawaban konstruk yang dimasukkan ke dalam garis kontinum bahwa seluruh variabel konstruk berada pada kategori tinggi dengan rata-rata prosentase seluruh variabel yaitu 78%. Prosentase terendah yaitu 74% pada Konstruk Perceived Usefulness (Persepsi Kemanfaatan) sedangkan prosentase tertinggi yaitu 84% pada tabel Konstruk Actual Use (Kondisi Nyata Pengguna Sistem). Mengacu dari hasil uji hipotesa yang telah dilakukan terhadap hubungan setiap konstruk, didapat bahwa tidak seluruh konstruk saling berhubungan positif di mana ada satu konstruk yang tidak berhubungan positif yaitu hubungan antara Perceived usefulness dengan Behavioral Intention to use.