Show simple item record

dc.contributor.authorWidyastuti, Rengganis
dc.contributor.authorIndrayati, Ariyani
dc.contributor.authorSanjoto, Tjaturahono Budi
dc.date.accessioned2018-05-30T03:02:07Z
dc.date.available2018-05-30T03:02:07Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citation[1] Maryani, Enok. “Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Impherial” Bakti Utama. 2007. [2] Yuniastuti,Euis. “Upaya meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar biologi dengan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS),” SOCIOSCIENTIA 2013, vol 5, 45-56. [3] Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta. [4] Marianti, Aditya, dan E.K. Nugroho. “Jelajah Alam Sekitar (JAS)”. Makalah Dipresentasikan pada Seminar dan Lo-kakarya Peningkatan Keterampilan Ku-rikulum Pendidikan Biologi dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Juru-san Biologi FMIPA UNNES, Semarang. 2005.id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9864
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah : (1) penerapan pendekatan jelajah alam sekitar sebagai sumber belajar geografi materi hidrosfer, (2) hasil belajar siswa ranah kognitif, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran ranah afektif (3) aktivitas siswa dalam pembelajaran ranah psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan one group pretest-postest design. Pelaksanaan pendekatan jelajah alam sekitar memanfaatkan waduk Bade sebagai sumber belajar pada siswa kelas X SMA N 1 Andong Kabupaten Boyolali. Hasil analisis data menunjukan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan waduk Bade sebagai sumber belajar dinyatakan tinggi dengan nilai 85,8 sedangkan aktivitas siswa baik ranah afektif dan psikomotorik dinyatakan tinggi dengan nilai 72,0 dan 83,8. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang semula 63,0 meningkat menjadi 80,0. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan jelajah alam sekitar dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran geografi di luar kelas yang efektif.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2018id_ID
dc.subjectJAS (Jelajah Alam Sekitar)id_ID
dc.subjectSumber Belajarid_ID
dc.subjectGeografiid_ID
dc.subjectHasil belajarid_ID
dc.titleStudi Eksperimen Pendekatan Jelajah Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar Geografi pada Meteri Hidrosferid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record