Show simple item record

dc.contributor.authorWardani, Theodora Indriati
dc.contributor.authorWijonarko, W
dc.date.accessioned2018-05-30T03:48:53Z
dc.date.available2018-05-30T03:48:53Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citation[1] Arikunto, Suharsimi, 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. [2] Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. [3] Gondodiyoto, Sanyoto. 2000. Pengantar Komputer dan Komputerisasi. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. [4] Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : Bumi Akasara. [5] Hadi, Surtrisno. 2000. Metodologi Reasearch 1. Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Unversitas Gajah Mada. [6] --------------------.2000. Metodologi Research 2. Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. [7] --------------------.2000. Metodologi Research 4. Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. [8] Kadir, A, dan Triwahyuni, T.Ch. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi. [9] Langan, John, dan Bill Broderick. 2000. Ten Steps to Biuilding College Reading Skills. Marlton New Jersey : Townsend Press. [10] Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. [11] Nasution. 2000. Metode Research. Jakarta : Bumin Aksara. [12] ------------.2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. [13] Narbuko, Cholid, dan Abu Achmadi. 2001. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara. [14] Natanael, Y, dan Sufren. 2013. Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak. Jakarta: Elex Media Komputindo. [15] Prasodjo, L, dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media. [16] Percival Fred dan Ellington, Henry. 2000. Teknologi Pendidikan. Jakarta : Penerbit Erlangga. [17] Purwanto, Ngalim. 2000. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung PT. Remaja Rosdakarya. [18] Popham James. 2000. Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta : Kanisius. [19] Sawyer, B, dan Williams, S. 2007. Using Information Technology. Yogyakarta: Andi. [20] Sugiarto, dkk. 2001. Teknik Sampling. Jakarta : PT. Graamedia Pustaka Utama. [21] Sudjana, Nana. 2000. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. [22] Sudjana, Nana dan Rival, Achmad. 2001. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. [23] Sudjana. 2000. Desain Dan Analisis Eksperimen. Bandung: Tarsito. [24] -----------.2000. Metode Statistika. Bandung : Tarsito. [25] Silverus, Suke. 2000. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta : PT. Gramedia. [26] Santosa, Singgih. 2003. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik Dengan SPSS. Jakarta PT. Elex Media Komputindo. [27] Sukamto, 2000. Panduan Penelitian Eksperimen. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta. [28] Sumanto. 2002. Pembahasan Terpadu Statistika dan Metodologi Riset Buku 2. Yogyakarta : Andi. [29] Widiyanto, Mikha Agus. 2013. Stastika Terapan. Jakarta: Elex Media Komputindo.id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9873
dc.description.abstractMata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer terdiri atas teori dan praktek harus menguasai teori dulu sebelum mereka berpraktek. Teori diperoleh mahasiswa dari kuliah dilengkapi buku/diktat tentang multimedia. Di dalam multimedia itu terdapat petunjuk berbahasa Inggris dalam program Visual Basic. Jadi, untuk mengoperasikan mutimedia mahasiswa harus bisa memahami petunjuk berbahasa Inggris itu. Dengan memahami petunjuk itu diharapkan mahasiswa bisa berpraktek mengoperasikan multimedia untuk menghasilkan sesuatu yang printout-nya berupa teks dan gambar Masalahnya ialah seberapa besar perbedaan pemahaman atas petunjuk operasional berbahasa Inggris yang terdapat di dalam program Visual Basic dan kemampuan mengoperasikan program Visual Basic berbasis lokakarya dalam pembelajaran komputer multimedia model kooperatif tipe Investigasi Kelompok, dan apakah perbedaan itu signifikan. Untuk memecahkan masalah itu dilakukan penelitian ex post facto di Universitas PGRI Semarang, khususnya mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas PMIPATI semester 6 yang sedang menempuh mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Untuk penelitian digunakan dua kelas, masing-masing jumlah mahasiswanya 15 orang, yang satu kelas yakni 6A pembelajaran dilakukan dengan lokakarya model kooperatif tipe Investigasi Kelompok, sedangkan kelas yang kedua yakni kelas 6B pembelajaran dilakukan tanpa model kooperatif. Dalam penelitian ini ada 2 jenis data, yaitu: (1) data tentang kemampuan memahami petunjuk opersional berbahasa Inggris dalam multimedia diperoleh dengan tes objektif, dan (2) data tentang kemampuan mengoperasikan multimedia diperoleh dengan unjuk kerja. Hasil uji T tes ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami petunjuk operasional berbahasa Inggris yang terdapat di dalam Visual Basic dan kemampuan mengoperasikan program Visual Basic dalam pembelajaran komputer multimedia yang diajarkan dengan lokakarya model kooperatif tipe Investigasi Kelompok mempunyai perbedaan yang signifikan daripada tanpa model kooperatif. Hal ini terbukti bahwa kemampuan memahami petunjuk operasional berbahasa Inggris dalam multimedia t1= 1,597< tsign5% =2,144 dengan perolehan nilai rata-rata kelas 6A 85,60 dan kelas 6B 81,80. Kemudian hal itu juga terbukti bahwa kemampuan mengoperasikan program Visual Basic komputer multimedia t2= 6,737>tsign5%=2,144 dengan perolehan nilai rata-rata kelas 6A 89,33 dan kelas 6B 62,80. Maka disarankan agar hasil pembelajaran multimedia optimal, hendaklah pembelajaran komputer multimedia diajarkan dengan menggunakan lokakarya model kooperatif.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2018id_ID
dc.subjectLokakaryaid_ID
dc.subjectTipe Investigasi Kelompokid_ID
dc.subjectPemahamanid_ID
dc.subjectKemampuanid_ID
dc.subjectMultimediaid_ID
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok berbasis Lokakarya terhadap Pemahaman Petunjuk Operasional Komputer Multimedia dan Kemampuan Mengoperasikan Komputer Multimedia Visual Basicid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record