Analisis Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Era Globalisasi
View/ Open
Date
2018-05Author
Sil, Muhmad
Kassiavera, Sujiyani
Belly, Novri Medyo
Metadata
Show full item recordAbstract
Peran UMKM sangat penting dalam perekonomian nasional. Era
persaingan pasar yang semakin ketat, kualitas produk atau jasa yang diberikan
menjadi fokus perhatian yang penting bagi pelaku UKM. Peningkatan kualitas dapat
dilakukan melalui implementasi Manajemen Kualitas Terpadu (Total Quality
Management). Kapabilitas pelaku UMKM pada orientasi kewirausahaan dan
orientasi pasar merupakan modal penting bagi UMKM agar dapat memiliki
keunggulan bersaing dengan kinerja manajerial pada UMKM atau usaha besar
lainnya.Rumusan analisis ini adalah bagaimana manajemen kualitas terpadu
terhadap kinerja manejerial pada UMKM. Tulisan ini bertujuan menganalisis dan
mengetahui pengaruh manajemen kualitas terpadu pada UMKM. Manfaat tulisan
ini yang ingin dicapai diantaranya sebagai manajemen menintisipasi perubahan
iklim bisnis dalam pengambilan kebijakan peningkatan kualitas keunggulan
bersaiaing produk serta kinerja manajerial UMKM di Indonesia. Hasil analisis
adalah kinerja manajerial yang diukur delapan dimensi : perencanaan, investigasi,
koordinasi, evaluasi, supervisi, negosiasi dan representasi serta satu dimensi
pengukuran kinerja secara keseluruhan. UMKM dalam menghadapi era globalisasi
harus dapat meningkatkan kinerjanya yang profesioanalisme sehingga hal akan
mendorong UMKM merubah prilaku yang bersifat tradisonal akan menjadi menjadi
modern, diamana UMKM mamasuki era digital dan mampu melakukan pemasaran
melalui media sosial sekatang ini dan dimasa yang akan datang dalam rangka
menyngsong era globalisasi.