Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Pangan Lokal di Lokasi Wisata Anyer-Labuan
View/ Open
Date
2018-05Author
Ummi, Nurul
Meutia, M
Ismail, Tubagus
Fitriyanti, Ayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Kawasan wisata pantai Anyer-Labuan merupakan salah satu objek
wisatwa yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Propinsi
Banten. Para wisatawan selain mereka berkunjung ke daerah Banten
untuk menikmati potensi alam dan budaya Banten, mereka juga mencari
oleh-oleh buah tangan khas daerah Banten. Dari hasil data kunjungan ke
beberapa pusat oleh-oleh di area wisata Anyer-Labuan didapatkan 75%
produk pangan yang dijual merupakan produk pangan yang berasal dari
luar Banten, sedangan untuk produk pangan lokal yang berasal dari
banten sendiri hanya 25% saja, Hal tersebut disebabkan oleh adanya
faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan
keputusan pembelian produk pangan lokal yang berasal dari Provinsi
Banten. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk pangan
lokal yang ada dilokasi wisata pantai anyer dan faktor apa yang paling
dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk pangan
lokal.yang berada dilokasi wisata Anyer- Labuan. Hasil yang diperolah
72,6% keputusan pembelian produk pangan lokal dilokasi wisata Anyer-
Labuan terbukti dipengaruhi oleh keempat variabel independent bauran
pemasaran, sedangkan sisanya sebesar 27,4% dijelaskan oleh sebabsebab
lain diluar model. Secara parsial keempat variabel yaitu produk,
harga, dan promosi dan tempat (X1,X2,X3,X4) memberikan pengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian produk pangan lokal (Y) di
area wisata Anyer-Labuan. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan
bahwa variabel produk dengan nilai standardized coefficients sebesar
80,7% memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian
dibandingka dengan ke tiga variabel lainnya.