Show simple item record

dc.contributor.authorShobahiya, Mahasri
dc.date.accessioned2012-04-25T04:11:32Z
dc.date.available2012-04-25T04:11:32Z
dc.date.issued2008-01
dc.identifier.citationZaini, Hisyam dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD) IAIN Sunan Kalijaga. _______. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD) IAIN Sunan Kalijaga. Shobahiya, Mahasri. 2003. Profil Mentoring Al-Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Mentoring Al-Islam LSI-UMS. Zuhdi, Najmuddin dan Shobahiya, Mahasri (penyunting). 2003. Ber-Islam: Menuju Kesalehan Individual dan Sosial. Surakarta: Mentoring Al-Islam LSIUMS. Lubis, Satria Hadi. 2002. Menjadi Murobbi Sukses, Jakarta: Kreasi Cerdas Utama. Barbadib, Sutari Imam. 2002. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) IKIP Yogyakarta. R,M, Thomas,. 1997. Religious Education dalam International Encyclopedia. Darajat, Zakiah. 1987. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang. Zuhairini, dkk. 1993. Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadhani.en_US
dc.identifier.issn1412-5722
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1000
dc.description.abstractSejak tahun akademik 2001/2002, Universitas Muhammadiyah Surakarta mengembangkan program Mentoring Al-Islam bagi seluruh mahasiswa selama satu tahun pada tahun pertama. Program ini merupakan pengganti program asistensi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dirasakan kurang efektif dalam mengembangkan potensi dan fitrah keagamaan bagi mahasiswa. Setelah program Mentoring Al-Islam berjalan kurang lebih lima tahun, tampaknya perlu dikaji mengenai efektivitas pelaksanaannya. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 20% dari mahasiswa peserta Mentoring Al-Islam, dengan menggunakan metode angket sebagai metode pengumpul data, dan deskriptif kuantitatif sebagai teknik analisis data. Dengan metode tersebut ditemukan bahwa secara umum pelaksanaan program Mentoring Al-Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat dikategorikan efektif. Namun demikian ada satu variabel yang belum efektif sehingga masih perlu perbaikan dan pengembangan, yaitu variabel penggunaan alat dan media pembelajaranen_US
dc.subjectMentoring Al-Islamen_US
dc.subjectefektivitasen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM MENTORING AL-ISLAMen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record