Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika SMP
View/ Open
Date
2018-05Author
Rahdiyanti, Andri Pipit
Setyaningsih, Nining
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah soal matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan matematika. Berdasarkan indikator metakognisi yaitu prediksi, perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. 23 Sampel diambil 3 subjek dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan subjek menggunakan hasil tes dan pertimbangan dari guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara siswa dan guru, serta dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes, wawancara siswa dan guru. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator metakognisi. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi 1 sampai 3 indikator metakognisi disebabkan kurang teliti dalam mengerjakan soal dan kurang menguasai semua materi. Siswa dengan kemampuan matematika rendah memenuhi 0 sampai 1 indikator metakognisi disebabkan kurang teliti, kurang menguasai materi, dan kurang menguasai operasi hitung dengan benar. Guru menyatakan bahwa kurang meratanya kemampuan matematika siswa, kurang stabil tingkat konsentrasi siswa, kemampuan ingatan rendah dan pemahaman siswa rendah.