• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajar 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (531.4Kb)
    Date
    2018-05
    Author
    Pratama, Enggar Adi
    Ariyanto, A
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar kelas X Akuntansi dan menganalisis faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar: (1) kesalahan dalam memahami makna soal; (2) kesalahan dalam memahami dan menerapkan konsep; dan (3) kesalahan dalam menghitung. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak mengerti maksud dari soal yang ditanyakan, siswa belum menguasai materi prasyarat seperti : bilangan eksponen, siswa kurang paham dengan materi, siswa lupa dengan rumus, siswa kurang berlatih dalam menyelesiakan soal tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar, siswa kurang teliti dalam menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang sudah dikerjakan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10104
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV