Kontribusi Kepribadian, Fasilitas, dan Monitoring Orang Tua terhadap Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa SMK
Abstract
Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi kepribadian, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kedisiplinan, (2) menguji kontribusi kepribadian, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap kedisiplinan, (3) menguji kontribusi kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian dalam penelitian ini berdasarkan pendekatan kuantitatif. Populasi dan Sampel penelitian masing-masing 181 dan 125. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian, (1) kepribadian, fasilitas, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kedisiplinan dengan (α= 0,05). Secara parsial, kepribadian tidak berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika dan secara tidak langsing berkontribusi melalui kedisiplinan. Fasilitas tidak berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kedisiplinan. Monitoring orang tua tidak berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kedisiplinan. (2) kepribadian, fasilitas, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap kedisiplinan. Secara parsial, kepribadian yang secara langsung mempengaruhi kedisiplinan sebesar 35,1%. Fasilitas yang secara langsung mempengaruhi kedisiplinan sebesar 1,15%. Monitoring orang tua yang secara langsung mempengaruhi kedisiplinan sebesar 0,68%. (3) Kedisiplinan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika.