Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Talking Stick terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Klitik 1 Ngawi Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar matematika adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Fakta di lapangan, masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan sistem teacher center. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut, maka digunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick yang bersistem student center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) prestasi belajar matematika yang lebih baik antara pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, (2) prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang maupun motivasi belajar rendah, serta (3) ada tidaknya interaksi antara kedua model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok untuk memperoleh data prestasi belajar matematika, metode angket sebagai metode penunjang untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan metode dokumentasi untuk mendapatkan data yang meliputi nama siswa dan nilai tengah semester genap pada mata pelajaran matematika untuk bahan penelitian. Dalam menganalisa data, digunakan metode statistik dengan anava dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik daripada Talking Stick, (2) Prestasi belajar matematika pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang dan yang mempunyai motivasi belajar sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick dengan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa.