• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Fasilitas Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (563.0Kb)
    Date
    2018-05
    Author
    Kusumajaya, M. Alazhar
    Ariyanto, A
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian adalah untuk menunjukkan (1) pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruhyang signifikan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning dengan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojolaban. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII E dan VIIF. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Barlett. Hasil penelitian dengan α = 5%. (1) ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) ada efek interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning dengan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10113
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV