Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Eksponen pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang materi eksponen (2) faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal-soal materi eksponen (3) alternatif solusi untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 34 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: (1) kesalahan transformasi penyebabnya siswa tidak paham dalam penerapan rumus dan salah dalam mengubah bentuk matematika secara benar dengan alternatif solusi siswa lebih memahami konsep dasar materi eksponen dan tidak hanya menghafal rumus (2) kesalahan proses penyelesaian penyebabnya siswa tidak teliti dalam menghitung dan lupa rumus dengan alternatif solusi siswa lebih banyak latihan soal dan lebih memperdalam konsep (3) kesalahan menarik kesimpulan penyebabnya siswa terburu-buru dalam menulis jawaban dan karena salah dalam proses menyelesaikan soal dengan alternatif solusi siswa lebih teliti saat proses mengerjakan soal.