Kontribusi Motivasi, Kedisiplinan, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi motivasi, kedisiplinan, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 143 siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura. Sampel penelitian 104 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penenelitian dengan taraf signifikansi α = 5%, (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi, kedisiplinan, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, dengan kontribusi sebesar 16,5594%, (2) tidak terdapat kontribusi motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat kontribusi kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan kontribusi sebesar 10,38816%, (4) tidak terdapat kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika.