dc.contributor.author | Fitriah, Zuraidah | |
dc.date.accessioned | 2018-07-16T03:35:50Z | |
dc.date.available | 2018-07-16T03:35:50Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Alfenza, TF. dan Achmadi T. (2012). Penentuan Pola dan Pusat Distribusi Bahan Pokok untuk Wilayah Berbasis Kepulauan. Jurnal Teknik ITS. Vol. 1 Direktur Jenderal Perhubungan Laut. (2015). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2015-2019. Fatma E. (2017). Penjadwalan dan Penentuan Rute Distribusi Komoditas ke Wilayah Timur Indonesia. Jurnal Optimasi Sistem Industri. vol.16 hlm. 40- 49. Gen M. dan Cheng R. (2000). Genetic Algorithm and Engineering Optimization. John Wiley & Sons, Inc. Erama R. (2014). Modifikasi Algoritma Genetika untuk Penyelesaian Permasalahan Penjadwalan Pelajaran Sekolah. IJCCS. vol. 8 no. 2 hlm. 111- 120. Shahab, M.L. (2015). Algoritma Genetika Ganda untuk Capacitated Vehicle Routing Problem. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol. 4 No. 2. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10156 | |
dc.description.abstract | Pengembangan infrastruktur dan pusat kegiatan ekonomi Indonesia masih terpusat pada pulaupulau
besar, khususnya Pulau Jawa. Sementara pulau-pulau kecil cenderung kurang diperhatikan,
contohnya pulau-pulau di wilayah Indonesia bagian timur. Jarak pulau-pulau tersebut yang jauh
dari pusat pemerintahan menyebabkan adanya kesenjangan kesejahteraan masyarakat, contohnya
adalah pendistribusian bahan pokok. Aktivitas pendistribusian logistik di Indonesia, saat ini masih
terkendala dengan masalah inefisiensi dan ketidakteraturan dalam sistem logistik. Ketidakefisienan
sistem logistik di Indonesia membuat harga produk menjadi tinggi. Transportasi laut memiliki peran
penting dalam penurunan biaya logistik tersebut, karena kemampuan angkut yang besar dan daya
jelajah yang luas akan dapat menghasilkan efisiensi dari economic-of-scale jika sistem jaringan
pelayaran maupun interkoneksi di pelabuhan dapat dioptimalkan kinerjanya. Masing-masing kapal
juga memiliki kapasitas muatan yang berbeda-beda. Penelitian ini melakukan optimasi
penjadwalan dan penentuan rute kapal yang dapat memenuhi seluruh permintaan di setiap wilayah
pelabuhan tujuan dimana pengiriman dilakukan dari satu pelabuhan asal yaitu pelabuhan Tanjung
Perak sebagai pusat distribusi bahan pangan. Optimasi dilakukan dengan mengaplikasikan
Algoritma Genetika yang telah dimodifikasi dengan menambahkan proses terapi gen pada fungsi
yang akan diminimumkan, dalam hal ini fungsi jarak tempuh. Hasil dari penelitian ini adalah suatu
rute optimal pendistribusian bahan pangan dari pusat distribusi di Pulau jawa menuju wilayahwilayah
lain dengan menggunakan beberapa kapasitas kapal yang berbeda. Hasil tersebut
diharapkan dapat memberikan masukan kebijakan kepada pihak berwenang terkait proses
distribusi bahan pangan. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Pengembangan Algoritma Genetika untuk Optimasi Rute Distribusi Bahan Pangan Utama Indonesia | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |