dc.identifier.citation | Azwar, S. (2013).Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. Borg, Walter R. dan Gall, Meredith Damien.(1983). Educational Research an Introduction. New York: Longman Inc. Kusno, Joko, dan Mahful. (tth). Model Pendidikan Karakter Religius Berbasis pada Pengetahuan Matematika Sekolah. Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia. Mahmudi, Ali (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Konferensi Nasiinal MAtematika XV UNIMA Manado, 30 Juni – 3 Juli 2010. Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Meilani, dkk (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia flash untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Volume 14, Nomor 2, September 2013, 62-72. E-ISSN 2443-3586. Print ISSN 1411-1942ISSN 1411-1942 Mulyana, T ( 2009). Pembelajaran analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Ber[piker Kritis dan Kreatif MAtematis Siswa SMA. Jurnal Educationist,3,1907-8838. Mulyasa.(2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruz Media. Nurlaelah.(2009). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar yang Berbasis Program Komputer dan Tugas Resitasi untuk Meningkatkan Kreativitas dan Daya Matematika Mahsiswa. Jurnal Pengajaran MIPA, FMIPA UPI. Kokasih, Usep (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Sigma Didaktika, Volume 1, Nomor 2, Januari 2013, ISSN : 2252-7435. Diterbitkan oleh Asosiasi Pendidik Matematika Indonesia (APMI) bekerjasama dengan Program Studi Pemdidikan Matematika FPMIPA UPI. Simanulang (2014). Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), Vo. 8, No 1(2014) . ISSN : 1978-0044, e-issn : 2549-1040 Soeyono (2012). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif siswa SMA. Jurnal PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 2, Desember 2014, (205-218). Print ISSN: 1978-4538. Online ISSN : 2527-421X Sugilar, Hamdan ( 2014). Peningkatan kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Pendidikan Sigma Didaktika, Volume 3, Nomor 1, Januari 2014, ISSN : 2252-7435. Diterbitkan oleh Asosiasi Pendidik Matematika Indonesia (APMI) bekerjasama dengan Program Studi Pemdidikan Matematika FPMIPA UPI. Pannen, P. dan Purwanto.(2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Ditjen Dikti Diknas. Permendikbud. (2013). Permendikbud No 68 tahun 2013 tentang kurikulum SMP-MTs. Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Jogjakarta: Diva Press. Siswono, TYE . Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents. Siswono, TYE dan Novitasari, W. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatis siswa melalui Pemecahan Masalah Tipe “ What’s Another Way”. http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents Sulhan, Najib. (2010). Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: JePe Press Media Utama Supriyadi, E. (2011). Pendidikan dan Penilaian Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan: Mei 2011 Th XXX Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Yani (2012). Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Intergral. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13 No. 1, April 2012 Widodo, C. dan Jasmadi.(2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia. Woods, Peter. (1995). Creatif Teacher In Primary School. Open University Press, Buckingham-Philadelphia | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah Pengembangan Bahan Ajar Buku Matematika SMP untuk
meningkatkan kreativitas siswa kelas VII yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian R&D
dengan model Borg dan Gall. Tahapan awal menyusun bahan ajar matematika untuk meningkatkan
kemampuan kreatif, Validasi ahli media dan ahli materi, uji coba terbatas di sekolah. Karakteristik
bahan ajar yang dikembangkan yaitu sesuai dengan standar isi dan memfasilitasi pengembangan
kreativitas peserta didik. Design bahan ajar meliputi : 1) bagian depan : Halaman judul, kata
pengantar, daftar isi; 2) bagian isi : judul bab ( bilangan, himpunan, bentuk aljabar, persamaan
dan pertidaksamaan satu variable; Kompetensi inti dan standar kompetensi ; masalah kontekstual;
judul sub bab; materi; contoh soal; diskusi/menalar; website; latihan soal; rangkuman; peta
konsep; soal latihan akhir bab. Hasil penilaian ahli materi diperoleh kriteria baik, berdasarkan
penilaian ahli media diperoleh kriteria sangat baik, hasil uji coba produk kriteria Sangat baik, dan
hasil uji coba pemakaian kriteria sangat baik. | id_ID |