Show simple item record

dc.contributor.authorNasution, Nur Baiti
dc.date.accessioned2018-07-16T06:04:58Z
dc.date.available2018-07-16T06:04:58Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAbd-Elhamid, H., & Javadi, A. (2008). An Investigation into Control of Saltwater Intrusion Considering the Effects of Climate Change and Sea Level Rise. Proceedings of the 20th Salt Water Intrusion Meeting. Naples, Florida: The Salt Water Intrusion Meeting (SWIM). Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement Vol 45, Issue 1, 131 - 142. De Melo, M. C. (2015). COASTAL AQUIFERS understanding saltwater intrusion. Erasmus Mundus GroundwatCH. Pilgrimm, L. (2015, Maret). Salt Water in Coastal Aquifiers. Fredericton, New Brunswick, Canada: Amec Foster Wheeler. Prihastiwi, F. E. (2016). IDENTIFIKASI AKUIFER DI ZONA PATAHAN OPAK PASCA GEMPA YOGYAKARTA 2006 DENGAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI SCHLUMBERGER. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Putra, Y. Y., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016 7 (1)). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung. Kreano, 10-16. Supriyadi, & Khumaedi. (2016). EDUKASI FENOMENA AMBLESANINTRUSI AIR LAUT DAN PENANGGULANGANNYA DI SEMARANG UTARA. ABDIMAS Vol. 20 No. 1, 55-60. Sutama, Haryoto, & N., N. (2013). Contextual math learning based on lesson study can increase study communication. International journal of education Vol. 5 No. 4 , 48-60. Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota. Wardani, A. K., Zulkardi, & Hartono, Y. (2017). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA LEVEL 5 UNTUK PROGRAM PENGAYAAN SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol. 3 No.1 , 1-18. Widada, S. (Maret 2007). Gejala Intrusi Air Laut di Daerah Pantai Kota Pekalongan. ILMU KELAUTAN Vol. 12 (1) , 45-52.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10168
dc.description.abstractIntrusi air laut merupakan peristiwa masuknya air laut ke dalam aliran air tanah. Sedangkan rob merupakan peristiwa naiknya air laut ke daratan. Fenomena intrusi air laut dan rob sering terjadi di daerah pesisir pantai dan merupakan masalah yang menggangu aktiitas warga. Selama ini, belum pernah dikembangkan bahan ajar matematika yang memuat masalah intrusi air laut dan rob. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal cerita matematika yang memuat masalah intrusi air laut yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan. Tahapan dalam penelitian ini adalah pengumpulan materi yang dilakukan dengan studi pustaka, kemudian tahap prototyping yang dilakukan dengan penilaian oleh pakar (expert judgement) dan one to one evaluation. Penelitian ini menghasilkan 7 soal cerita yang memuat masalah intrusi air laut yang valid sesuai dengan kriteria kevalidan yang dikembangkan. Selanjutnya, soal-soal yang dihasilkan dapat digunakan sebagai gambaran penggunaan masalah intrusi air laut dalam pembelajaran matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePengembangan Soal Cerita Matematika Berbasis Masalah Intrusi Air Laut dan Robid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record