• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Literasi Matematika dalam Perspektif Zone of Proximal Development

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.155Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Pratikno, Hari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa dituntut tidak hanya pandai berhitung dalam matematika, namun juga mampu memahami konsep, menggunakan penalaran, memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mengomunikasikan gagasan, dan memiliki sikap menghargai matematika. Salah satu kemampuan siswa adalah memecahkan masalah yang tidak semata-mata masalah yang berupa soal rutin akan tetapi lebih kepada permasalahan yang dihadapi sehari-hari. Kemampuan matematis yang demikian dikenal sebagai kemampuan literasi Matematika. Kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih rendah. Perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan literasi matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan literasi matematika dalam perspektif zone of proximal development (ZPD). Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara mengkaji literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika dapat dikembangkan dalam perspektif zone of proximal development (ZPD). Pembelajaran dengan memperhatikan ZPD akan membuat siswa mudah dalam memecahkan permasalahan matematika dan mampu menjelaskannya kepada orang lain yaitu kepada siswa maupun kepada guru. Karena dengan menerapkan ZPD akan terjadi interaksi pembelajaran antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10172
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV