Show simple item record

dc.contributor.authorTriyuwono, Abdulah Sugeng
dc.contributor.authorSutaya, S
dc.date.accessioned2018-07-17T04:11:51Z
dc.date.available2018-07-17T04:11:51Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationBudiyono, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surakarta, Sebelas Maret University Press Hisbiyatul Hasanah, 2016, https://aminsilalahi.files.wordpress.com/2016/06/isi_prosiding.pdf Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002, Jakarta, Balai Pustaka Ratnasari Dwi Ade Chandra, 2016, https://aminsilalahi.files.wordpress.com/2016/06/isi_prosiding.pdf Marpaung. Y, 2001, Psikologi Pembelajaran Matematika, disampaikan dalam Penataran Guru SLTP/SMU se-Indonesia di PPPG Matematika Yk. Sutarto Hadi, 2005, Pendidikan Realistik, Banjarmasin: Tulip Sutarto Hadi, 2007, Keberaksaraan Matematika, Majalah PMRI Vol. V, Januari 2007, Bandung, IP-PMRIid_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10179
dc.description.abstractNopember 2017, terjadi perkelaian pelajar di lingkungan sekolah. Penyebabnya salah satu anak perempuan mengalami perundungan (bullying). SMK Negeri 2 Gedangsari, mempunyai visi dan misi untuk mempersiapkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, berakhlaq mulia, mandiri, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru sebagai pengelola kelas harus mengubah proses pembelajaran matematika agar menumbuhkan kedewasaan pada peserta didik, melalui pendekatan pembelajaran realistik berbasis budaya dan kearifan lokal menggunakan konsep pemahaman suku sejenis / tak sejenis. Tujuan penelitian:1.Untuk membangun sikap positif peserta didik dalam bergaul dengan orang lain. 2. Untuk membiasakan tingkah laku yang sopan-santun, toto kromo, ungah-ungguh, sesuai dengan budaya serta ajaran agama atau keyakinan yang dianut. 3. Menumbuhkan semangat demokratis, rukun, kompak dan kerja sama yang baik. Metode penelitian: deskriftif kualitatif. Hasil penelitian: 1.Menumbuhkan peserta didik, untuk membiasakan tingkah laku yang sesuai dengan budaya positif yang berlaku di lingkungannya: sebanyak 60% mengalami kenaikan 30% tidak terpengaruh, 10% mengalami penurunan. 2. Menumbuhkan semangat saling menghargai dalam bergaul dengan sesamanya, tanpa merendahkan hak dan martabat orang lain: sebanyak 50% mengalami kenaikan, 30% tidak terpengaruh, 20% mengalami penurunan. 3. Menumbuhkan semangat demokratis, rukun, kompak dan kerja sama yang baik: sebanyak 80% mengalami kenaikan, 18% tidak terpengaruh, 2 % mengalami penurunan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titleUpaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan, Pergaulan Bebas Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Menggunakan Konsep Pemahaman Suku Sejenis / Tak Sejenis Pada Peserta Didik Kelas XI BB 3 SMK Negeri 2 Gedangsari Tahun Pelajaran 2017/2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record