Pendidikan Karakter dan Mutu Pendidikan Indonesia
View/ Open
Date
2018-04Author
Manasikana, Arina
Anggraeni, Candra Widhi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana perilaku guru dan
pendidikan karakter mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Indonesia memerlukan
sumberdaya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam
pembangunan. Untuk memenuhi sumberdaya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat
penting. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di
sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh.
Penulis memberikan maksud dari penulisan artikel yang berjudul “Pendidikan Karakter dan Mutu
Pendidikan Indonesia” adalah untuk mengetahui Bagaimana cara menerapkan pendidikan karakter yang
baik? Untuk mendeskripsikan hal tersebut, Penulis mengunakan metode penelitian studi literatur dalam
penulisan artikel ini. Studi literatur adalah jenis penelitian dengan menjawab permasalahan yang ada
dengan meninjau literatur-literatur yang sesuai sehingga dapat diberikan solusi atas permasalahan tersebut.
Literatur yang digunakan berupa buku, jurnal nasional maupun internasional, serta tinjauan media-media
masa yang relevan. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan metode studi literatur
menunjukkan bahwa pendidikan karakter terbukti mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang
dibuktikan dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusia. Sebab, berbagai masalah di suatu negara
akan mampu diatasi jika sumber daya manusianya memiliki kualitas yang baik. Tanpa perhatian terhadap
perbaikan kualitas sumber daya manusia, maka akan membuat seluruh aspek kehidupan berjalan dengan
tidak baik.