Implementasi Edupreneurship Melalui Teaching Factory Pada SMK Program Keahlian Perhotelan Bidang Keahlian Pariwisata
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis tentang Implementasi
Edupreneurship Melalui Teaching Factory Pada SMK Program Keahlian Perhotelan Bidang Keahlian
Pariwisata serta mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan dan hambatan Implementasi Edupreneurship Melalui Teaching Factory pada SMK Program
Keahlian Perhotelan Bidang Keahlian Pariwisata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif. Metode ini dimaksudkan untuk mengetahui secara mendalam dalam pelaksanaan
edupreneurship melalui teaching factory di SMK. Penelitian ini diawali dengan observasi kegiatan
edupreneurship melalui teaching factory di SMK yang dipilih yaitu SMK N 6 Yogyakarta, SMK N 1
Kalasan dan SMK Sahid Surakarta. Apa permasalahannya yang terjadi hal ini perlu diurai dengan
melakukan wawancara mendalam pada informan yang terlibat langsung dalam kegiatan edupreneurship.
Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi edupreneurship melalui teaching factory dari segi
pembelajarannya sudah ada komitmen dan prinsip dasar yang dijalankan oleh sekolah tetapi belum optimal.
Masih terdapat hambatan yang berarti terutama berkaitan dengan budaya kerja yang diterapkan belum
sesuai dengan prosedur DU/DI, sumber daya pendidik yang belum memahami budaya DU/DI, sarana dan
prasarana yang kurang memenuhi standar DU/DI, kerjasama antara SMK dan DU/DI yang masih lemah,
kemampuan pemasaran yang masih rendah, serta regulasi BPK yang menghendaki fasilitas penggunaan
barang milik negara sebagai bentuk penghasilan negara.