Analisis Proses Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesaintifikan proses pembelajaran matematika
menurut pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) dan mengetahui ada tidaknya perbedaan
hasil belajar Matematika siswa ditinjau dengan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada
siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan inferensial. Sampel
penelitian ini adalah proses pembelajaran Matematika siswa kelas VII SMP yang kebetulan
berlangsung pada saat penelitian ini dilakukan yaitu Persamaan Linear Satu Variabel. Data
kesaintifikan proses pembelajaran Matematika dikumpulkan dengan pedoman observasi dan data
hasil belajar Matematika dikumpulkan dengan tes dan pedoman observasi. Data yang dikumpulkan
dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran Matematika dengan pendekatan MEAs memiliki
kadar kesaintifikan sedang pada kelas eksperimen yaitu 32,93 dan kelas kontrol kadar
kesaintifikannya juga sedang yaitu 46,36, (2) berdasarkan hasil uji-t, antara kelompok kelas
eksperimen dan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai t hitung = −0,40 dan t0,025;62 = 1,998
akibatnya H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran MEAs identik
dengan pendekatan saintifik.