Show simple item record

dc.contributor.authorMu’tasimah, Yayun
dc.date.accessioned2018-08-01T02:40:20Z
dc.date.available2018-08-01T02:40:20Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAsrori, Muhammad. 2007. Psikologi pembelajaran. Jakarta: CV. Wacana Prima Anita, Sri .2011. Media pembelajaran. Surakarta : UNS Press Ekawarna.2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP Press). Intan Pariwara 2001.Buku Pegangan Guru Matematika Kelas 1 SMU,Klaten :PT Macanan Jaya Cemerlang Kemendikbud. 2014.Matematika Wajib Kelas XI Buku Pegangan Guru Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud. Kemendikbud, 2016.Buku Pegangan Guru Matematika Kelas X Edisi Revisi :Jakarta Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2001. Edisi kedua,Mengenal Penelitihan Tindakan Kelas. Jakarta : Indek Jakarta Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013. Tentang Implementasi Kurikulum 2013, Lampiran IV. Pedoman Umum Pembelajaran: Jakarta Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. No 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, Jakarta Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan, Jakarta Permendiknas. No 22 Tahun 2006 Tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. :Jakarta Surya,mohamad.2003. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran, Jakarta : CV.Maha Putra Adidaya Sartono, Wirodikromo, dkk 2007, Matematika Untuk SMA Kelas X Jilid 1 Erlangga: Jakarta Setyosari, Punaji. 2008. Pemanfaatan Media . Malang : Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Trianto. 2010. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Jakarta: Kencana Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara Wardhani,Sri. 2004. Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah,Pusat Pengembangan PenataranGuru (PPPG) Matematika. http://mediainformasill.blogspot.com/2012/04/pengertian-definisi-angket.html (diakses Jumat 17/12/2013 jam 09.00 WIB ) http://pakguruonline.pendidikan.net/datordik_6.html diakses Kamis 1/01’ 2015. https://www.google.com/?gws_rd=ssl#q=pengertian+keterampilan+proses+dalam +matematika http://zenisetiawati.blogspot.com/2012/05/jenis-tes-menurut-tujuannya.html (diakses Jumat, 17/12/2013 jam 09.00 WIB) http://matematikalujeng.blogspot.com/2013/02/tujuan-pembelajaranmatematikasekolah. (diakses : Jum’at, 13/12/2014,17:30)id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10220
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika trigonometri di SMA Negeri 1 Pacitan dengan pembelajaran elaborasi menggunakan media kerangka lingkaran. Hal ini dikarenakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar matematika di SMA. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pacitan. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IIS 3, yang mana jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri atas 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan dan 2 pertemuan ulangan siklus I dan ulangan siklus II. Setiap siklus dilaksanakan tahapan-tahapan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan atau pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes formatif berupa pilihan ganda dan uraian, yang mana untuk mengetahui peningkatan hasil prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran elaborasi menggunakan media kerangka lingkaran pada materi pembelajaran trigonometri. Selain itu, instrument yang digunakan adalah angket/ kuesioner untuk mengetahui besarnya motivasi belajar siswa dalam mencapai hasil prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pada siklus I prosentase nilai afektif 59%, nilai psikomotorik 61,5% dan ketuntasan ulangan 59 % yang masih dibawah KKM yaitu 75% dan pada siklus II prosentase nilai afektif 86% ,nilai psikomotorik 92% dan ketuntasan ulangan 87,5% berarti sudah diatas KKM yaitu 75% dan (2) terjadi perubahan minat, motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan seluruh siswa sudah mengetahui materi yang diajarkan oleh guru dengan model pembelajaran elaborasi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePembelajaran Elaborasi dengan Media Kerangka Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas XIIS 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2016-2017id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record