dc.identifier.citation | Asrori, Muhammad. 2007. Psikologi pembelajaran. Jakarta: CV. Wacana Prima Anita, Sri .2011. Media pembelajaran. Surakarta : UNS Press Ekawarna.2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP Press). Intan Pariwara 2001.Buku Pegangan Guru Matematika Kelas 1 SMU,Klaten :PT Macanan Jaya Cemerlang Kemendikbud. 2014.Matematika Wajib Kelas XI Buku Pegangan Guru Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud. Kemendikbud, 2016.Buku Pegangan Guru Matematika Kelas X Edisi Revisi :Jakarta Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2001. Edisi kedua,Mengenal Penelitihan Tindakan Kelas. Jakarta : Indek Jakarta Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013. Tentang Implementasi Kurikulum 2013, Lampiran IV. Pedoman Umum Pembelajaran: Jakarta Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. No 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, Jakarta Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan, Jakarta Permendiknas. No 22 Tahun 2006 Tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. :Jakarta Surya,mohamad.2003. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran, Jakarta : CV.Maha Putra Adidaya Sartono, Wirodikromo, dkk 2007, Matematika Untuk SMA Kelas X Jilid 1 Erlangga: Jakarta Setyosari, Punaji. 2008. Pemanfaatan Media . Malang : Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Trianto. 2010. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Jakarta: Kencana Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara Wardhani,Sri. 2004. Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah,Pusat Pengembangan PenataranGuru (PPPG) Matematika. http://mediainformasill.blogspot.com/2012/04/pengertian-definisi-angket.html (diakses Jumat 17/12/2013 jam 09.00 WIB ) http://pakguruonline.pendidikan.net/datordik_6.html diakses Kamis 1/01’ 2015. https://www.google.com/?gws_rd=ssl#q=pengertian+keterampilan+proses+dalam +matematika http://zenisetiawati.blogspot.com/2012/05/jenis-tes-menurut-tujuannya.html (diakses Jumat, 17/12/2013 jam 09.00 WIB) http://matematikalujeng.blogspot.com/2013/02/tujuan-pembelajaranmatematikasekolah. (diakses : Jum’at, 13/12/2014,17:30) | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika trigonometri di SMA Negeri
1 Pacitan dengan pembelajaran elaborasi menggunakan media kerangka lingkaran. Hal ini
dikarenakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar matematika di
SMA. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 1 Pacitan. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IIS 3,
yang mana jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri atas 2 siklus dimana
setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan dan 2 pertemuan ulangan siklus I dan ulangan siklus II. Setiap
siklus dilaksanakan tahapan-tahapan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan atau
pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes formatif berupa pilihan ganda dan uraian, yang mana untuk mengetahui
peningkatan hasil prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran elaborasi
menggunakan media kerangka lingkaran pada materi pembelajaran trigonometri. Selain itu,
instrument yang digunakan adalah angket/ kuesioner untuk mengetahui besarnya motivasi belajar
siswa dalam mencapai hasil prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pada siklus I
prosentase nilai afektif 59%, nilai psikomotorik 61,5% dan ketuntasan ulangan 59 % yang masih
dibawah KKM yaitu 75% dan pada siklus II prosentase nilai afektif 86% ,nilai psikomotorik 92%
dan ketuntasan ulangan 87,5% berarti sudah diatas KKM yaitu 75% dan (2) terjadi perubahan
minat, motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan seluruh siswa sudah
mengetahui materi yang diajarkan oleh guru dengan model pembelajaran elaborasi. | id_ID |