Pengaruh Karakteristik Berpikir terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh karakteristik berpikir terhadap prestasi
belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang terdiri dari 6
kelas dengan jumlah keseluruhan 178 siswa dan diambil sampel untuk penelitian dengan jumlah
114 orang. Data diperoleh dari angket dan nilai prestasi belajar siswa. Angket dalam penelitian ini
terdiri dari butir-butir pertanyaan dari karakteristik berpikir. Analisis data hasil penelitian
dilakukan analisis vasiansi satu jalan sel tak sama dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil
penelitian ini menyatakan bahwa hasil pengujian F hitung > F tabel maka Ho ditolak, sehingga
hipotesis (Ha) menyatakan terdapat pengaruh karakteristik berpikir terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Adapun kesimpulan dari penelitian
ini adalah prestasi belajar matematika siswa dengan karakteristik berpikir tipe SA lebih baik
daripada siswa dengan karakteristik berpikir tipe SK, siswa tipe AK, maupun siswa tipe AA, prestasi
belajar matematika siswa dengan karakteristik berpikir tipe SK sama baiknya dibanding
karakteristik berpikir tipe AK maupun siswa tipe AA, sedangkan karakteristik berpikir tipe AK sama
baiknya dibanding karakteristik berpikir tipe AA pada kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta.