Meningkatkan Keyakinan Diri Mahasiswa Menyelesaikan Tugas-tugas pada Mata Kuliah Teori Peluang
Abstract
Teori Peluang adalah salah satu dari beberapa mata kuliah, yang wajib untuk diajarkan
pada program studi Statistika Departemen Matematika. Kenyataannya, terlihat bahwa mata kuliah
Teori Peluang bagi sebagian mahasiswa masih dianggap sulit dan membutuhkan pemahaman
matematika tingkat tinggi, sehingga mahasiswa sering kurang yakin bahwa dirinya mampu untuk
menyelesaikannya. Kuat duagaan hal ini disebabkan dari karakteristik mata kuliah Teori Peluang
yang membutuhkan pemahaman Statistik Dasar yang kompleks. Dalam mengatasi adanya
mahasiswa yang sering kurang yakin bahwa dirinya mampu untuk menyelesaikan tugas-tugas mata
kuliah Teori Peluang, adalah dengan meningkatkan keyakinan diri mahasiswa. Keyakinan diri
adalah suatu sikap atau perasaan yakin atas kemampuan diri sendiri. Suatu keyakinan seseorang
terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya mampu
untuk mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.
Salah satu kemampuan yang terkait dengan ranah afektif di antaranya adalah self proficiency yang
merupakan salah satu komponen dari kemandirian belajar (self-regulated learning). Self
proficiency merupakan kecakapan diri seseorang yang berpengaruh terhadap tindakan, keyakinan
diri, maupun upaya, serta ketekunan, dan fleksibilitas dalam perbedaan terkait realisasi dari tujuan
individu. Terlihat bahwa dengan meningkatnya self proficiency mahasiswa maka mahasiswa akan
yakin bahwa dirinya mampu menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah Teori Peluang, berdasarkan
indikator statistika.