dc.identifier.citation | Adamsand & Collins. (1979). Schema Theoretic View of Reading. In Fredolle, R.O. Discourse Processing Multi Disiplinary Perpevtive. Norwood.N.J. Anderson, J.A. (1984). Cognitive Psychology and Its Implication. San Fransisco, W.H. Freeman and Company. Ball, D.L. (1990). Prospective Elementary and Secondary Teacher’s Understanding of Devision dalam Journal for Research in Mathematics Education. 21(2) 132-144: Virginia USA: NCTM. Carrel. P.L. (1988). Interactive Approaches to Second Language Reading. Cambridge : CUP. Douglas L. Hintzman. (1986). “Schema Abstraction” in A Multiple Trace Memory Model. Psychological Review. Vol 93, No. 4, 411-428. Fong Ho Kheong. (1999). Strategi Models For Solving Ratio and Proportion Problems. The Mathematical Educator. Vol 4, No. 1, 34-52. Frederick, H. Bell. (1987). Teaching and Learning Mathematics. USA : Wm.C. Brown Company Publishers. Howard. (1987). Concept and Schemata. London: Cussel Educational, Artillery House. Jane-Jane and Tad Watanabe. (1997). Developing Ratio and Proportion Schemes: A Story of a Fifth Grader. Journal For Research in Mathematics Education, Vol. 28, No. 2, 216-236. Maccoby, E. E. & Jacklin, C. N. (1974). The Psychology of Sex Differences, California, Stanford University Press. Merriam, Sharan B. (1998) Qualitative Research and Case Study Applications in Education. San Fransisco: Jossey-Bass Publication Parmjit Singh. (2000). Under Standing The Concepts of Propotion and Ratio Constructed by Two Grade Six Students. Educational Studies in Mathematics, Vol 43, No.3, pp 271-292. Rumelhart, D.E. & Norman. (1985). Representation and Knowledge. In A.M. Aitkenhead & J.M. Slack (Ed) Issues in Cognitive Modelling. Hillsdale, N.J.: Lawrence Erlbain Assosiation. Sandra P. Marshall. (1995). Shemas in Problem Solving. New York : Cambridge University Press. Sharon J. Derry. (1996). Cognitive Schema Theory in The Construction Debate. Educational Psychologist, 31(34), 163-174. Zheng Zhu. (2007). Gender Differences in Mathematical Problem Solving. Patterns : A revie of Literature. International Education journal, Vol 8 No.2 Pp 187-203. ISSN 1443-1475 . | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki skema siswa SMP dalam memecahkan masalah
matematika berdasarkan gender. Skema adalah struktur konsep yang tersimpan dalam memori.
Dalam penelitian ini, digunakan skema dalam memecahkan masalah matematika, khususnya untuk
materi rasio dan proporsi. Keterkaitan skema dengan pemecahan masalah adalah system yang
dikembangkan dalam pikiran manusia untuk memperoleh struktur dimana prosedur dalam
pemecahan masalah diintegrasikan dengan beberapa konsep yang tersimpan dalam memori.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Data dikumpulkan
dengan wawancara dan hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1)
skema siswa dalam memecahkan masalah matematika (rasio dan proporsi) terdiri dari skema isi,
skema formal dan skema bahasa; dan (2) untuk memecahkan masalah rasio dan proporsi, subjek
laki-laki (M) menggunakan the unit rate strategy dan the cross product strategy, sedangkan subjek
perempuan (F) menggunakan the equivalent class strategy dan the build up strategy; (3)
penggunaan strategi yang berbeda dalam memecahkan masalah rasio dan proporsi akan
menghasilkan skema yang berbeda. | id_ID |