Peran Mahasiswa Dalam Adopsi E-Commerce (Studi Kasus Pengusaha Olahan Jenang Kedunggudel Sukoharjo)
View/ Open
Date
2018Author
Denilia Atsiska Y
Praswati, Aflit Nuryulia
Latifah, Anida
Nuri Amriyatul K
Sutanto, Teguh
M Guntur M
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengguna media social di Indonesia sangat tinggi. Kegiatan perekonomian saat ini sering
menggunakan media social sebagai alat promosi atau sering dikenal sebagai e -commerce.
Wirausaha yang aktif melakukan e-commerce memiliki area penjualan yang lebih luas
dibandingkan dengan penggunaan promosi melalui luring (luar jaringan). Wirausaha
pengolahan jajanan tradisional jenang belum menerapkan e-commerce dalam pengembangan
usahanya. Kurangnya pemahaman mengenai e-commerce menjadi kendala bagi wirausaha
tersebut. Mahasiswa yang kehidupannya sehari -hari tidak dapat terlepas dari media social
dapat memberikan masukan dan pendampingan bagi wi rausaha jenang Kenep Sukoharjo.
Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan peran mahasiswa dalam mengembangkan
usaha jajanan tradisional melalui adopsi teknologi e-commerce. Metode penelitian ini
menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil yang didapatkan yaitu wirausaha pengolahan
jajanan tradisional jenang antusias dalam mengikuti pendampingan adopsi teknologi e commerce.
Sedangkan mahasiswa mendapatkan pengalaman berwirausaha secara langsung
dari pelaku usaha. Namun efektif atau tidaknya e-commerce dalam pemasaran produk jenang
belum diukur, sehingga menjadi peluang penelitian selanjutnya yaitu pengukuran tingkat
keberhasilan penggunaan metode e-commerce pada wirausaha kecil.