Peningkatan Softskill Presentasi Mahasiswa melalui Lesson Study pada Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan
Abstract
Saat ini mahasiswa merupakan pusat belajar diperkuliahan. Namun sering kali perkuliahan berjalan
mengandalkan dosen sebagai pusat belajar. Sehingga peran dosen semakin mendominasi. Pada matakuliah
teknik analisa pencemar lingkungan, selain pemahaman tentang kualitas lingkungan mahasiswa juga harus
mampu memahami cara menganalisa kualitas di lapangan secara mandiri dan teliti. Sehingga peran mahasiswa
harus lebih aktif saat perkuliahan. Lesson study adalah salah satu metode untuk meningkatkan softskill
mahasiswa. Pada pelaksaan kegitan lesson study ini bertujuan untuk meningkatkan softskill mahasiswa di
Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dalam
mempresentasikan materi maupun menyampaikan kendala teknis analisa pencemar lingkungan sedang terjadi.
Pelaksanaan lesson study dilakukan tiga kali siklus. Satu siklus terdiri dari kegiatan Plan, Do dan See.
Kegiatan ini melibatkan satu dosen model, dua orang dosen observer. Pada tahap Plan dosen model melakukan
perencanaan pembelajaran melalui pembuatan RPP matakuliah. Selanjutnya tahap Do dengan melakukan
proses pembelajan sesuai RPP yang telah dirancang oleh dosen model dengan dilakukan observasi oleh dosen
observer. Tahap terakhir adalah See dilakukan dengan mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan
oleh dosen model dan membahas temuan yang terjadi saat perkulihan. Hasil dari lesson study pada kegiatan
ini adalah peningkatan kemampuan mahasiswa dalam perkulihan baik saat presentasi maupun menyampaikan
masalah teknis analisa pencemar lingkungan yang sedang dihadapi.