Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang
View/ Open
Date
2018-12Author
Sulianto, Joko
Cintang, Nyai
Azizah, Mira
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh HOTS pada aspek kemampuan
berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V sekolah dasar pilot project
kurikulum 2013 di kota Semarang. Higher Order Thinking Skills (HOTS) terdiri dari kemampuan
berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan pemecahan masalah. Desain penelitian
menggunakan penelitian korelasi-regresi yang bertujuan untuk mengungkap hubungan antara
keterapilan berpikir kritis sebagai faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah
siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil tes berbasis Problem Based Learning (PBL) pada 106
siswa kelas V pada mata pelajaran matematka di 4 (empat) sampel sekolah dasar pilot project
kurikulum 2013 di Kota Semarang. Variabel kemampuan berpikir kritis sebagai variabel
independen (X) dengan rata-rata 15,21 kategori sangat tinggi dan kemampuan pemecahan sebagai
variabel dependen (Y) dengan rata-rata 13,21 kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan
hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah
sebesar 90,75% dan masih ada pengaruh variabel lain dari berpikir kritis sebesar 9,25%. Nilai
konstanta sebesar 1,506 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah akan menurun jika
siswa tidak memiliki kemampuan berpikir kritis dengan hubungan searah. Berdasarkan temun
penelitian maka sebaiknya jika guru ingin meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika, guru juga harus meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.