Show simple item record

dc.contributor.authorRizqiyah, Iffatur
dc.contributor.authorSuniah, S.
dc.date.accessioned2019-01-08T01:28:16Z
dc.date.available2019-01-08T01:28:16Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10536
dc.description.abstractSalah satu cara untuk menerapkan pendidikan yang berkarakter adalah melalui integrasi pada sistem pembelajaran. Salah satunya dengan pendekatan JAS. Pendekatan JAS untuk mengoptimalkan respon siswa dan sikap peduli lingkungan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Bangkalan pada bulan Januari-Februari 2018. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X-MIA 4 yang berjumlah 35 siswa dengan teknik sampling Non-Probability Sampling. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest desaign. variabel bebas pada penelitian ini adalah pendekatan JAS pada materi plantae sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah respon siswa dan sikap peduli lingkungan. Respon siswa dihasilkan pada pembelajaran plantae sebelum diberikan perlakuan dengan pendekatan JAS yaitu memiliki rata-rata 59,02. Sedangkan rata-rata respon siswa setelah diberikan pendekatan JAS yaitu 88,17. Sehingga nilai N- gain yang didapat 0,71 masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan, rata-rata sikap peduli lingkungan siswa memiliki rerata 82,57% hal tersebut termasuk dalam kategori tinggi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3id_ID
dc.titleMENGOPTIMALKAN RESPON SISWA DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA PEMBELAJARAN PLANTAEid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record