Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Kuliah Sepakbola di Pendidikan Olahraga FKIP UMS
View/ Open
Date
2018-12Author
Indarto, Pungki
Fatoni, Muhad
Nurhidayat, N
Metadata
Show full item recordAbstract
1). Model pembelajaran hibrid learning adalah proses pembelajaran yang merupakan irisan
tatap muka dan model pembelajaran online. 2). Peningkatan hasil belajar dan penguasaan keterampilan pada
mata kuliah sepakbola di pendidikan olahraga FKIP UMS. 3). Antusiasme mahasiswa dalam dalam
mengikuti pembelajaran hibri learning di pendidikan olahraga FKIP UMS. Metode penelitian yang
dugunakan langkah-langkah Borg dan Gall hingga ke langkah ketujuh dalam skala kecil. Data diambil dari
kuesioner dan tes. Analisis data dalam bentuk deskriptif dan produk tes. Dari hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran hybridlearning cocok diterapkan dalam mata kuliah sepakbola di
pendidikan olahraga FKIP UMS. Hasil penelitian pembelajaran hybrid learning mampu meningkatkan
prestasi siswa dari skor rata-rata 6,8 dengan total skor 204, dan setelah menerapkan media pembelajaran,
skor meningkat menjadi 7,53 dengan skor total 225,8. Ada varians dari pretest dan posttest sebanyak 0,73
poin. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dalam penggunaan pembelajaran hibrid learning dalam
seri kuliah sepakbola di fakultas pendidikan dan pelatihan guru UMS.