Show simple item record

dc.contributor.authorSunardi, S
dc.contributor.authorManshuralhudlori, M
dc.contributor.authorPurnomo, Abdul Aziz
dc.date.accessioned2019-01-08T03:11:09Z
dc.date.available2019-01-08T03:11:09Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationAgus Kristiyanto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surakarta : UNS Press Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Deni Kurniawan. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung : Alfabeta. Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta. Furqon Hidayatullah. (2008). Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta : Lembaga Pengembangan Pendidika (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press). Furqon Hidayatullah (2013). Aktivitas Gerak Pada Masa Kanak – Kanak. Surakarta : Cakra Wijaya. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia Heri Rahyubi. (2012). Teori – Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka : Referens Husdarta. (2014). Psikologi Olahraga. Bandung : Alfabeta Muhibbin Syah. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT Prestasi Pustakarya. Nunuk Suryani & Leo Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-3-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10551
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak memukul permainan bola kasti melalui alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta yang berjumlah 24 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik pada pra siklus, dari jumlah 24 peserta didik tuntas sebanyak 9 (37%), dan belum tuntas sebanyak 15 (63%). Kemudian hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan peningkatan, yaitu tuntas sebanyak 18 (75%), dan belum tuntas sebanyak 6 (25%). Pada siklus II peningkatan hasil belajar peserta didik adalah tuntas sebanyak 21 (87.5%), dan belum tuntas sebanyak 3 (12.5%). Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak memukul permainan bola kasti pada peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2018id_ID
dc.subjectgerak memukul bola kastiid_ID
dc.subjectalat bantuid_ID
dc.subjecthasil belajarid_ID
dc.titleMeningkatkan Hasil Belajar Gerak Memukul Permainan Bola Kasti dengan Penggunaan Alat Bantuid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record