Faktor Pendorong Perkembangan Positif Anak: Studi Review tentang Permainan Tradisional
Abstract
Permasalahan anak di era kemudahan akses informasi beraneka ragam jenisnya.
Permasalahan yang timbul dipicu oleh pola asuh dan lingkungan pergaulan yang salah.
Perkembangan positif anak dapat didorong melalui kegiatan bermain yang edukatif. Permainan
tradisional menjadi salah satu jenis permainan edukatif. Permainan tradisional di Indonesia kaya
akan nilai-nilai luhur bangsa. Riset tentang manfaat permainan tradisional telah banyak dilakukan
dengan menggunakan berbagai jenis permainan tradisional yang berkembang di berbagai daerah
di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah merangkum berbagai temuan tentang permainan
tradisional dan kaitannya dengan perkembangan positif anak-anak serta merumuskan hal-hal
penting yang harus dijadikan perhatian oleh siswa, guru, orangtua, dan masyarakat ketika belajar
atau mengajarkan permainan tradisional. Hasil dari studi review ini dipaparkan dalam 4 bagian:
(1) Perkembangan permainan tradisional di Indonesia, (2)permainan tradisional dan kontribusinya
untuk perkembangan positif anak, (3) Peran orang dewasa dalam mendukung perkembangan
positif anak melalui aktivitas permainan tradisional, (4) desain program permainan tradisional
anak yang adaptif dan inovatif.