Peningkatan Minat Belajar Matematika melalui Strategi Missouri Mathematics Project Siswa Kelas IV SDN 03 Bandardawung
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui
strategi Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan
menggunakan strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project.Subyek penelitian ini adalah
peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung yang berjumlah
33 siswa sebagai subyek penerima tindakan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi.Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi
sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri
dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang kemudian
berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa melalui
beberapa indikator, yaitu: aktivitas siswa dalam bertanya pada pra siklus ada 8 siswa (24,24%), pada
siklus I meningkat menjadi 14 siswa (42,42%), pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (78,79%).
Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus ada 10 siswa (30,30%), pada siklus I
meningkat menjadi 13 siswa (39,39%), pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (75,76%).
Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal pada pra siklus ada 9 siswa (27,27%), pada siklus I meningkat
menjadi 18 siswa (54,54%), pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa (87,88%). Aktivitas siswa
dalam mengerjakan tugas PR pada pra siklus ada 11 siswa (33,33%), pada siklus I meningkat menjadi
16 siswa (48,48%), pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa (84,85%). Peningkatan hasil belajar
dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran, sebelum tindakan
prosentase keberhasilan siswa yang nilainya di atas KKM (> 65) pada pra siklus ada 5 siswa
(15,15%), pada siklus I ada 17 siswa (51,52%), dan pada siklus II ada 28 siswa (84,85%). Berdasarkan
hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Missouri
Mathematics Project dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV
SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu tahun pelajaran 2013/ 2014.