dc.contributor.author | Wulandari, Nur Asih | |
dc.date.accessioned | 2019-01-09T06:48:08Z | |
dc.date.available | 2019-01-09T06:48:08Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Daryanto,;Karim,Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media. Chaeruman, Uwes A. (2018). Pembelajaran Abad 21. Diaskes dari http;//flickr.com. Siegel, H. (1980). Critical Thinking as an Educational Ideal. Educational Forum 45, 1, 7- 23 Sezer, Renan. 2008. Integration of critical thinking skills into elementary school teacher education courses in mathematic. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-3-6 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10566 | |
dc.description.abstract | Peserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang
besar dalam dunia pendidikan. Usia sekolah dasar merupakan pembentukan paradigma
pendidikan pada tahapan selanjutnya. Pendidikan masa kini yang lebih populer disebut
dengan pendidikan abad 21 memiliki penekanan pada kemampuan peserta didik untuk
berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi
informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Beberapa pencapaian tersebaut dapat
dilakukan dengan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan sisi penguasaan
materi dan ketrampilan. Hal itu menuntut guru harus memiliki kemampuan pedagogis
yang tinggi untuk mengelola pembelajaran secara aktif dan kreatif. Pengembangan media
dalam proses pembelajaran sangatlah diperlukan guna efektifitas pembelajaran.
Pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis merupakan salah
satu bentuk pengembangan media, yang digunakan berdasarkan strategi pembelajaran
terstruktur, yang mencakup beberapa ketrampilan abad 21. Pengembangan media berbasis
visual thinking strategis di sekolah dasar bertujuan untuk mengetahui kondisi faktual
pemanfaatan media pembelajaran, bentuk pengembangan media, kelayakan media, dan
pengaruh keefektifan media pembelajaran pada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian
dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (Research Development) karena
peneliti berupaya mengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis
pada peserta didik di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan
media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar,
efektif untuk dilakukan pada proses pembelajaran baik di kelas rendah ataupun kelas
tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketrampilan abad 21 yang
meliputi ketrampilan sosial dan berpikir kritis pada peserta didik yang dijadikan sebagai
subjek penelitian. Hal tersebut juga menunjukkan efektifitas penggunaan media yang
dilakukan dengan tahapan pembelajaran berbasis visual thinking strategis yang
ditunjukkan dengan pencapaian tujuan pembelajaran di kelas. Jadi pada hakekatnya
pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik
di sekolah dasar baik untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan abad 21. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2018 | id_ID |
dc.subject | pengembangan media | id_ID |
dc.subject | visual thinking strategis | id_ID |
dc.subject | sekolah dasar | id_ID |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis pada Peserta Didik di Sekolah Dasar | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |