Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan Abad 21
Abstract
Proses pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan menjadi penyebab
tinggi rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Banyak siswa yang merasa bahwa
matematika terasa sangat sulit. Pendekatan pembelajaran yang kurang bermakna dan tidak
mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah menjadi penyebab siswa bosan belajar
matematika. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pendekatan yang dapat mengubah persepsi
siswa terhadap matematika melalui proses pembelajaran yang berdasarkan pengalaman, mudah
diterima serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Keterampilan merupakan
kunci dasar dalam menghadapi tantangan di Abad 21. Salah satu pendekatan pembelajaran yang
dapat diterapkan yaitu penemuan terbimbing. Dengan pendekatan penemuan terbimbing siswa
dapat menghadapi permasalahan baru atau tantangan baru termasuk menghadapi Abad 21.
Pembelajaran Abad 21 ditekankan pada empat aspek (4C) yaitu kreativitas (creativity),
kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kerjasama (collaboration) dan kemampuan
komunikasi (communication).