Content Knowledge Konsep Dasar IPA Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2018-12Author
Desstya, Anatri
Hapsari WR, Umi
Azizunnisa, A
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemahaman calon guru sekolah dasar terhadap materi IPA yang akan diajarkan
kepada siswanya menjadi suatu hal yang mutlak dan harus berada dalam kategori yang baik.
Karena, tidakpahaman terhadap materi tersebut akan menimbulkan adanya miskonsepsi pada
pengetahuan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui content knowledge
(pemahaman materi) konsep dasar dasar IPA SD dari mahasiswa calon guru sekolah dasar.
Populasi penelitian adalah mahasiswa PGSD FKIP UMS semester I angkatan 2016/2017, dengan
sampel mahasiswa kelas IA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis
statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa PGSD FKIP
Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam konsep dasar IPA menunjukkan beberapa tingkatan.
Pemahaman yang paling tinggi (0,866) pada materi kemagnetan, dan paling rendah (0,524) adalah
pada materi listrik statis. Pada materi system organ, gizi seimbang, dan daur biogeokimia
menunjukkan pemahaman yang rata-rata (cukup). Sedangkan pemahaman mahasiswa dalam
materi listrik dinamis juga menunjukkan kurang baik.