Media Puzzle Pecahan dengan Pendekatan Saintifik Efektif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV
View/ Open
Date
2018-12Author
Rusnilawati, R
Kusumastuti, Oktafiana
Desstya, Anatri
Rahmawati, Fitri Puji
Sayekti, Ika Candra
Rochana, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran menggunakan media
puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik dapat mencapai ketuntasan pada aspek prestasi belajar
siswa kelas IV di SD N Kateguhan 01; (2) apakah nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar
menggunakan media puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik lebih dari siswa yang diajar
dengan pendekatan saintifik berbantu buku ajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, dokumentasi dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji pra
syarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif dan uji komparatif independent dua
sampel. Hasil dari uji deskriptif diperoleh t hitung > t tabel yakni 5,492 > 2,00172 dengan taraf
signifikan 0,05. Sedangkan perhitungan menggunakan uji komparatif independent dua sampel
diperoleh nilai t hitung = 3,429 sedangkan t tabel = 2,00172, maka t hitung > t tabel, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media puzzle pecahan dengan pendekatan
saintifik dalam meningkatkan nilai prestasi belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD
Negeri Kateguhan 01 Tawangsari.