Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Double Loop Learning: Menumbuh Kembangkan Peserta Didik Mandiri dan Bermartabat
Abstract
Inovasi model pembelajaran matematika berbasis double loop learning yang
efektif meningkatkan output pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis double
loop learning, dalam paradigma “peserta didik aktif mengkontruksi makna–guru sebagai
fasilitator”. Guru mempunyai peran sangat penting dalam mewujudkan pembelajaran
matematika bermutu dan menumbuh kembangkan peserta didik tangguh menjadi
bermartabat. Pola pikirnya perubahan refleksi dan aksi. Pola pikir pengelolaan
pembelajaran matematika berbasis double loop learning dengan perubahan refleksi dan
aksi, yaitu menumbuh-kembangkan pribadi peserta didik menjadi pribadi kemanusiaan.
Berarti kinerja guru baik dalam pemikiran maupun aksinya yang cerdas, diharapkan dapat
menumbuh kembangkan peserta didik tangguh menjadi bermartabat. Pembelajaran
matematika berbasis double loop learning yang paling dominan, yaitu membina watak
dan membangun karakter anak bangsa. Dipundak guru yang kreatif-lah, tugas mulia ini
akan terwujud. Peserta didik mandiri dan bermartabat dampak dari pembelajaran
matematika berbasis double loop learning ini didasari oleh religius yang kuat,
kepribadian jujur, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, sederhana, dan menghargai orang
lain, serta mempunyai potensi cerdas, kreatif, inovatif, dan berjiwa wirausaha.