Aplikasi Metode Every One is Teacher Here dalam Memotivasi Mahasiswa Belajar Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Abstract
Tulisan ini menyajikan tentang aplikasi metode every one is
teacher here sebagai salahsatu cara untuk memotivasi
mahasiswa dalam belajar matakuliah Al-Islam dan
Kemuhammadiyahan. Munculnya ide penerapan metode ini
karena peneliti melihat motivasi mahasiswa belajar matakuliah
Al-Islam masih rendah karena metode yang dipakai oleh Dosen
dalam pembelajaran hanya metode ceramah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
pengumpulan data observasi dari eksperimen yang sengaja
dilakukan. Ada dua dosen yang peneliti jadikan sebagai subjek
melakukan eksperimen dengan menerapkan metode
pembelajaran every one is teacher here kemudian dilakukan
observasi atas eksperimen yang mereka lakukan. Dua orang
Dosen tersebut dipilih karena mereka tergolong dosen senior
yang selalu menggunakan metode ceramah dalam
penyampaian materi kuliah. Dari observasi yang peneliti
lakukan ditemukan bahwa pengunaan/apliksasi metode every
one is teacher here bisa memotivasi mahasiswa belajar
matakuliah al-Islam dan kemuhammadiyahan.