dc.contributor.author | Setyawan, Aris | |
dc.contributor.author | Wantini, W | |
dc.date.accessioned | 2019-01-30T02:29:28Z | |
dc.date.available | 2019-01-30T02:29:28Z | |
dc.date.issued | 218-12 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakte. Jakarta: Rineke Cipta. Faridi. 2010. Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (Aik) : Internalisasi Nilai-Nilai Aik Bagi Mahasiswa. Progresiv, Vol. 4 No. Retrieved from file:///E:/MAKALAH AIK/220737-none AIK . KBBI. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Retrieved from https://kbbi.web.id/media Moleong, L. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muhammadiyah, M. P. T. P. (2013). Pedoman Pendidikan AL-Islam dan Kemuhammadiyahan Pergururan Tinggi Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Nashir, H. 2018. Guru Muhammadiyah juga Mengemban Peran Dakwah. PWMU.CO. Retrieved from https://pwmu.co/79135/11/09/haedar-nashir-guru-muhammadiyah-juga-mengemban-perandakwah1/ Subarkah, M. A. 2017. Muhammadiyahdan Amal Usaha Di Bidang Pendidikan. Rausyan Fikr, Vol 13 No. Retrieved From File:///E:/Makalah Aik/Amal Usaha Muh. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-188-1 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10600 | |
dc.description.abstract | Muhammadiyah didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan mempunyai
peran yang banyak dalam pembangunan bangsa Indonesia terutama
dalam bidang pendidikan. Pendidikan Muhammadiyah mempunyai
fungsi pertama sebagai sarana pendidikan dan pencerdasan.
Pendidikan Muhammadiyah mempunyai ciri khusus terletak pada
pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Amal Usaha
Muhammadiyah (AUM) sejak pendiriannya sampai sekarang sudah
berkembang dengan pesat dan merupakan organisasi terbesar yang
mempunyai amal usaha terbanyak di Indonesia. Hal itu menjadi
tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Muhammadiyah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara untuk
mengoptimalkan pendidikan pendidikan Al Islam dan
Kemuhammadiyahan (AIK) dan mengetahui hasil optimalisasi
pendidikan pendidikan al Islam dan Kemuhammadiyahan. Penelitian
ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dan termasuk
penelitian deskriptif kualitatif. Analisis datanya menggunakan model
Miles dan Huberman, yaitu: data reduction, data display,
conclution/penerikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah penerapan
kurikulum yang tepat, memaksimalkan pembelaran dan praktik
secara langsung di sekolah. Seperti melaksanakan shalat dhuha,
shalat zuhur dan asar berjamaah. Membudayakan disiplin tinggi,
dan membudayakan akhlak yang baik disekolah seperti berjabat
tangan, mengucapkan salam, senyum dan menyapa guru. Bagi guru
dan karyawan dalam meningkatkan semangat bermuhammadiyah
diadakan program darul arqam. Pelaksanaan Pendidikan Al Islam
dan Kemuhammadiyahan dapat mengubah sikap/karakter sesuai
dengan arah dan tujuan dan visi sekolah Muhammadiyah yang
menjadikan ciri khusus sekolah Muhammadiyah. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan | id_ID |
dc.subject | Optimalisasi | id_ID |
dc.subject | Al Islam dan Kemuhammadiyahan | id_ID |
dc.title | Optimalisasi Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Sekolah Muhammadiyah | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |