Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang Menggembirakan (dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi)
Abstract
Pendidikan merupakan pilar yang utama bagi persyarikatan
Muhammadiyah, selain bidang Kesehatan dan Ekonomi. Dalam
sejarah berdirinya Muhammadiyah, salah satu tujuannya untuk
menaungi sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah didirikan Kiai
Haji Ahmad Dahlan. Gagasan terpenting Muhammadiyah dalam
dunia pendidikan adalah memadukan keilmuan umum dan keilmuan
agama. Sehingga trade mark perguruan Muhammadiyah adalah
memadukan ilmu umum dan Agama. Perguruan Tinggu
Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) tentu memiliki ciri khas
dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain yang bukan
Muhammadiyah. Salah satu ciri khasnya adalah Mata Kuliah Al
Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Saat ini diperlukan ide-ide
segar dalam mengemas AIK menjadi Mata Kuliah yang menggugah
dan mencerahkan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas
penerapan Mata Kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan
pengembangannya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
kualitatif deskriptif dengan metode libray research dan wawancara
mendalam. Subjek penelitian adalah Mahasiwa Univesitas Aisyiyah
Yogyakarta. Untuk pengembangan Mata Kuliah AIK penulis
menggunakan Teori Integrasi-Interkoneksi dari M Amin Abdullah.