Perempuan-Perempuan Muhammadiyah dalam Media Massa pada Agenda Abad Dua Muhammadiyah (Kajian Semiotik)
Abstract
Pada era ini, media memegang peranan penting dalam
memberitakan dan membentuk opini khalayak. Perempuan dan
media, telah banyak didiskusikan dari perspektif feminis dan
berkontribusi pada pengembangan analisis media. Beberapa
menginterpretasikan bahwa media mengkonstruk perempuan pada
dunia politik, pendidikan, sosial, bahkan rumah tangga. Hal ini
diperkuat dengan agenda abad dua Muhammadiyah beserta
tantangannya termasuk kesetaraan gender dalam Sustainable
Development Goals (SDGs). Penulis membatasi objek penelitian :
dari Perempuan dalam definisi umum kepada perempuan-perempuan
Muhammadiyah secara spesifik, yakni : Siti Walidah, Baroroh
Baried, dan Siti Raham. Sumber diambil dari penelitian dan kontenkonten
yang telah ditulis di berbagai media daring, secara acak.
Menggunakan pendekatan semiotik, penulis menganalisa hasil yang
didapatkan kemudian menginterpretasikannya kedalam konteks saat
ini sebagai hasil penelitian.