Model Pembinaan Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah berbasis Lesson Study di Cabang Kartasura
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendapatkan pemahaman secara mendalam
model pembinaan guru MIM (Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah)
berbasis lesson study di Cabang Kartasura. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, paradigmanya definisi social,
bergerak pada kajian mikro. Tempat penelitian ini di MIM Cabang
Kartasura. Subjek penelitiannya 20 guru, sedangkan informannya
adalah guru, Kepala Sekolah, dan Kepala Dinas. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket,
observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis datanya
menggunakan the first interpretation dan the second interpretation.
Sedangkan alur analisis datanya menggnakan reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini berkesimpulan
bahwa
Model pembinaan guru MIM berbasis lesson studi di Cabang
Kartasura menggunakan model pembinaan pembelajaran berbasis
lesson study modifikasi, dengan pendekatan kolaborasi melalui
workshop, latihan pembelajaran, dan pendampingan pembelajaran
guru model. Model pendampingannya berbasis kelompok lesson
study, dilakukan sebanyak tiga kali pendampingan, dengan
pendekatan saintifik. Sedangkan tahapan yang digunakan dalam
pelatihan pembelajaran laboratoris adalah kajian akademik, plan
(para guru membuat perencanaan pembelajaran berbasis micro
teaching), Do (pelaksanaan pelatihan pembelajaran berbasis
laboratorium micro teaching sebanyak tiga kali), dan see (refleksi
terhadap latihan pembelajaran berbasis laboratorium tersebut).