ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEMASAN IKAN ASAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO
View/ Open
Date
2018-12Author
Mastrisiswadi, Hasan
Izzhati, Dwi Nurul
Jazuli, J.
Setyaningrum, Ratih
Metadata
Show full item recordAbstract
Sektor perikanan merupakan bagian penting bagi negara Indonesia dengan peningkatan PDB
(produk Domestik Bruto) yang cukup signifikan. Begitu juga dengan subsektor pengasapan ikan.
Namun demikian, produk pengasapan ikan yang ada saat ini harus dapat bersaing dengan produk
impor dengan dibukanya pasar bebas ASEAN (MEA) dengan cara meningkatkan kualitasnya. Salah
satu cara untuk meningkatkan kualitas produk ikan asap adalah dengan membuat kemasan yang
sesuai dengan keinginan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik
kemasan produk yang perlu untuk dikembangkan serta mengidentifikasi tingkat kepuasan tertinggi
dan kekecewaan terendah pada kemasan ikan asap. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, dalam
penelitian ini digunakan metode kano untuk mengkategorikan variable pada kemasan ikan asap.
Metode kano membagi variable produk ke dalam tiga kategori, yaitu Must be, One dimensional dan
Attractive. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa variable yang harus ada
(must be)pada kemasan ikan asap adalah variable topografi dan kandungan gizi; variable yang
termasuk dalam kategori Attractive antara lain bentuk kemasan yang menarik, memiliki ukuran
tertentu dan logo; dan variable yang termasuk dalam kategori One dimensional adalah warna yang
bagus dan material yang baik. Adapunt ingkat kepuasan tertinggi ada pada variable warna yang
bagus dengan nilai kepuasan 0.62 dan tingkat kekecewaan terendah ada pada variable informasi
kandungan gizi dengan nilai kekecewaan sebesar -0.70.