Show simple item record

dc.contributor.authorAlbanna, Isa
dc.contributor.authorArifiyanti, Amalia Anjani
dc.date.accessioned2019-02-16T02:20:13Z
dc.date.available2019-02-16T02:20:13Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10631
dc.description.abstractMedia sosial saat ini merupakan media bagi masyarakat untuk menunjukkan berbagai aktifitasnya. Masyarakat saat ini banyak menggunakan media sosial instagram untuk mengunggah foto-foto kegiatan liburan yang dilakukannya. Hal ini dapat menjadi data untuk melihat trend lokasi wisata yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Data yang dikumpulkan dari media sosial instagram kemudian diolah untuk mendapatkan atribut yang dibutuhkan untuk visualisasi lokasi wisata. Data hasil olahan tersbeut kemudian divisualisasikan ke dalam bentuk peta heat-map sehingga memudahkan pengguna dalam memahami sebaran minat wisatawan di jawa timur saat ini. Heat-map yang dihasilkan mampu menampilkan sebaran lokasi-lokasi wisata mulai dari yang banyak dikunjungi oleh pengguna instagram hingga yang paling sedikit dikunjungi. Selain itu heat-map yang dihasilkan juga menampilkan sebaran konjungan untuk lokasi wisata alam dan lokasi buatan. Hasilnya menunjukkan bahwa jawa timur memiliki sebaran yang cukup berimbang di berbagai wilayah untuk wisata alam, namun wisata buatan banyak terpusat di daerah Kota Surabaya dan Kota Batu-Malang. Karakteristik sebaran wisatawan pada saat musim libur panjang dan tidak juga dapat diekplorasi melalui viasualiasi heat-map ini. Visualisasi ini diharapkan dapat membantu para stakeholder parawisata dalam perancangan strategi untuk mengembangkan lokasi-lokasi wisata.id_ID
dc.publisherRAPI 2018id_ID
dc.titleHEAT-MAP KUNJUNGAN WISATAWAN DI JAWA TIMUR BERDASARKAN MEDIA SOSIALid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record